Enkripsi kode javascript adalah suatu teknik untuk mengamankan kode javascript dari para plagiat kode. Enkripsi kode javascript sangat diperlukan dalam dunia koding terutama buat mereka yang menjual hasil project baik itu template web, template blogger, dan berbagai project lain yang menggunakan kode javascript dalam pembuatannya. Kode javascript adalah inti atau penggerak dari sebuah web. Kebanyakan plagiat kode javascript tidak mencantumkan sumber kode asli sehingga mereka meng klaim bahwa kode itu adalah buatan atau milik mereka. Bahkan lebih parah lagi, biasanya seorang plagiat kode meniru kode javascrip milik kita dan mengganti sebagian kode agar itu di anggap milik si plagiat.


Cara Mengamankan Kode Javascript


Seringkali kasus terjadi dimana credit footer dari sebuah template blogger premium di ganti oleh si plagiat kode dengan mengubah isi kode javascript asli sehingga seolah olah template itu adalah milik mereka. Bayangkan saja, template yang tadinya dibuat dengan susah payah, akhirnya dapat di gunakan dengan gratis dan yang lebih parahnya template tersebut di sebarluaskan dengan tidak menghargai jerih payah si pembuat template.

Biasanya kode javascript yang tidak di enkripsi sangat mudah untuk di rubah oleh si plagiat kode. Bahkan sampai saat ini terdapat berbagai jenis layanan website yang memberikan fugsi untuk membuka kode javascript yang sudah ter-enkripsi. Deobfuscator javascript atau membuka enkripsi kode javascript adalah cara yang sering mereka lakukan untuk mengubah isi kode javascript. Mereka seringkali menggunakan beberapa website Deobfuscator javascript.

Saya sangat menyayangkan jika kode javascript yang sudah kita tulis berhari hari dengan susah payah dengan mudahnya di plagiat begitu saja. Oleh karena itu, disini saya akan memberikan sedikit tips agar kode javascript kita tidak mudah di plagiat atau di Deobfuscator dengan mudah.

Cara Mengamankan Kode Javascript


Sampai saat ini terdapat situs yang cukup baik dalam hal enkripsi kode javascript. Salah satu website yang sering saya gunakan untuk mengenkripsi kode javascript adalah situs OBFUSCATOR.IO. Situs ini mampu meng-enkripsi kode javascript dengan menggunakan aneka teknik peng-enkripsian.

Situs Enkripsi Kode Javascript
Tampilan Wesbsite Obfuscator.io

Jika kita lihat dari segi fungsi, situs ini memiliki banyak fitur yang mampu mengenkripsi kode javascript kita dengan aman. Bahkan sampai saat ini belum ada yang dapat membuka hasil enkripsi dari website ini.

Oleh karena itu, saya akan membahas Cara Mengamankan Kode Javascript dengan menggunakan situs website ini dalam beberapa bagian agar kita paham fungsi dari masing masing fitur yang dimiliki website ini.

Beikut ini beberapa fitur yang dimiliki oleh website ini :

  1. Compact Code
  2. Identifiers Names Generator
  3. Identifiers Prefix
  4. Rename Global
  5. Selft Defending
  6. Control Flow Flattening
  7. Dead Code Injection
  8. String Array
  9. Rotate String Array
  10. String Array Encoding
  11. String Array Threshold
  12. Transform Object Keys
  13. Unicode Escape Sequence
  14. Disable Console Output
  15. Debug Protection
  16. Domain Lock
  17. Reserved Names
  18. Reserved String
  19. Sourcmaps
  20. Seed
  21. Targed
Itulah 21 fitur yang di miliki oleh situs tersebut. Untuk memahami fungsi bagian bagian fitur tersebut, silahkan kamu klik fitur yang ada di atas. Untuk Implementasi penggunaan nya kamu bisa melihat DISINI.

Artikel ini belum sepenuhnya selesai, jadi saya akan selalu mengupdate artikel ini setiap harinya.

Semoga artikel ini berguna untuk kamu yang sudah mengunjungi situs ini. Jika ada kendala dalam pemakaian, silahkan beri komentar di bawah.

Terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Baca Artikel Lainnya