Script Disable Back Menggunakan Javascript

Script Disable Back adalah sebuah code javascript yang berfungsi untuk mendisable atau mematikan tombol back pada halaman website sehingga pengunjung akan tetap berada di dalam halaman website tanpa bisa kembali ke halaman sebelumya sampai pengunjung meng-close halaman tersebut. Sebenarnya pengunjung website bisa mengunjungi halaman lain yang ada di website yang mereka kunjungi dengan mengklik url pada halaman webstite. Akan tetapi pengunjung tidak bisa kembali ke halaman sebelumnya atau menggunakan tombol back di browser.


Script Disable Back Menggunakan Javascript


Script Disable Back yang saya bagikan kali sangat simple dan sederhana. Berikut ini Script Disable Back yang bisa kamu pakai di website kamu.

<script>
history.pushState(null, document.title, location.href);
window.addEventListener('popstate', function (event)
{
  history.pushState(null, document.title, location.href);
});
</script>

Script di atas sudah saya tes dan support di semua browser. Untuk penggunaan di HTML, silahkan pastekan Script Disable Back di bagian <head> paste disini </head> atau di bagian <body> pastekan disini </body>. Untuk mengetahui cara kerja code javascript di atas, kamu bisa membaca pembahasan berikut ini.

Cara Kerja Script Disable Back


Script Disable Back di atas memnfaat fungsi history.pushState, dimana code history.pushState(null, document.title, location.href); akan merubah history penjelajahan sebelumnya menjadi url halaman sekarang atau url halaman yang saat ini kita kunjungi.

Selanjutnnya saya mnembahkan fungsi  window.addEventListener('popstate', function (event) yang akan memberikan perintah eksekusi untuk tombol back.

Fungsi window.addEventListener('popstate', function (event) tadi kita beri perintah untuk mengeksekusi fungsi history.pushState(null, document.title, location.href); sehingga ketika tombol back kita klik, maka sebenarnya kita mengunjungi url yang saat ini sedang kita lihat.

Cukup simple bukan..hehe..

Sebenarnya banyak teknik untuk membuat Script Disable Back ini menggunakan code javascript. Saya rasa script di atas sudah cukup ampuh untuk mendisable tombol back di browser.

Satu hal lagi. Sebenarnya script ini bukanlah script untuk mendisable tombol back, tapi script ini akan membuat tombol back yang akan mengarahkan ke halaman yang saat ini sedang di buka oleh pengunjung. Jadi seolah olah tombol back tidak bisa di klik atau di disable. Sampai disini saya kira kamu sudah paham.

Mungkin hanya itu yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Jika ada hal yang ingin di tanya, silahkan komentar di bawah.

Terimakasih sudah berkunjung.