Cara Membuka File Format .Octet-Stream Work 100%

kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana caranya membuka sebuah file dengan format .octet-stream. Harap perhatikan langkah demi langkah nya ya agar file .octet-stream kamu bisa terbuka.

Sedikit pengenalan tentang apa itu file format .octet-stream

File dengan format .Octet-Stream adalah sebuah file yang awalnya digunakan untuk melakukan pertukaran data lewat email. Artinya kalau kita ingin melakukan transfer file lewat email, kita harus mengubah file tersebut menjadi .octet-stream terlebih dahulu. Tapi itu dulu, zamanku biyen...wkwk..

Sebenarnya file .octet-stream itu adalah file tanpa extensi dimana kita harus memberikan instruksi manual  kepada komputer atau perangkat seluler tentang bagaimana file-file ini harus dibuka / dilihat. File .octet-stream itu dapat diklasifikasikan menjadi file gambar, audio, video, document (pdf, doc, txt, dll), dan masih banyak lagi. Hanya saja kita gak bisa langsung klik 2 kali filenya langsung terbuka. Tapi harus kita beri instruksi terlebih dahulu untuk membukanya. Nah, cara memberi instruksinya silahkan kamu simak baik baik ya.

Cara Membuka File Dengan Format .octet-stream

Disini saya memiliki 2 buah file dengan format .octet-stream. Disini admin akan mencoba membuka file tersebut. Contoh filenya lihat gambar di bawah ini.


Contoh File .octed-stream

Pada Gambar diatas ada 2 buah file yaitu file "lily versi koplo.octet-stream" dan "makalah.octet-stream". Dari penjabaran saya sebelumnya bahwa kita harus memberikan instruksi untuk membukanya, karena kita tidak tau apakah file tersebut jenis file gambar, musik, video atau document.

Jadi hal pertama yang harus kita lakukan adalah menganalisanya. Lihat file yang ada di gambar tersebut. File pertama sudah jelas kita tahu bahwa file tersebut adalah file jenis musik/mp3. Dimana untuk membukanya kita harus memberikan instruksi untuk membukanya melalui software pemutar musik seperti winamp, mpc player dan pemutar musik lainnya. Berikut ini caranya :

1. Klik kanan pada file tersebut lalu pilih "open with". Lihat Gambar Dibawah.

Cara Membuka File Format .Octet-Stream Dijamin Work



2. Pilih jenis software pembukanya. "Disini saya memilih MPC-HC karena jenis filenya adalah jenis file musik dan juga MPC-CH ini adalah jenis software yang dapat memutar file jenis musik". Lihat Gambar Dibawah.

Cara Membuka File Format .Octet-Stream Dijamin Work

3. Setelah itu file akan terbaca dan software tersebut dapat memutar file .octetstream tersebut. Lihat Gambar Dibawah.

Cara Membuka File Format .Octet-Stream Dijamin Work
Lalu bagaimana untuk file yang kedua yaitu file  "makalah.octet-stream" ?

Cara membukanya juga sama seperti diatas, yaitu kita harus menganalisa terlebih dahulu dari judul ataupun ukuran filenya. Kemudian kita tentukan apakah file tersebut jenis file musik, video, atau document. Jika sudah kita tentukan jenis filenya, lalu kita arahkan file tersebut untuk dibuka melalui software pembukanya.

Dalam hal ini karena filenya berjudul "makalah.octet-stream", maka kita sudah tahu bahwa file ini adalah file jenis document. Oleh karena itu saya akan membukanya menggunakan pembuka microsoft word. Lihat gambar Dibawah.

1. Klik kanan pada file tersebut lalu pilih "open with". Lihat Gambar Dibawah.

Cara Membuka File Format .Octet-Stream Dijamin Work


2. Pilih jenis software pembukanya. Lihat Gambar Dibawah.

Cara Membuka File Format .Octet-Stream Dijamin Work

3. TARAAA file sudah terbuka..

Cara Membuka File Format .Octet-Stream Dijamin Work


Cara ini berlaku untuk semua file .octet-stream. Yang terpenting adalah kita harus bisa menganalisa jenis file .octet-stream tersebut.

Saya Sudah Mencoba Cara Diatas Tapi File Masih Juga Gak Bisa Di Buka!!!

Jika kamu sudah mengikuti cara di atas dan masih juga tidak bisa di buka, kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

CARA 1
Ubah/rename nama format file tersebut ke format yang ingin kamu buka. Contoh : "makalah.octet-stream" ubah ke "makalah.doc" lalu klik 2 kali untuk membukanya. Ulangi dengan format lainnya sampai mendapatkan file dengan format yang benar dan dapat dibuka.

Masih belum bisa gan!!!!
ok, coba cara kedua berikut ini.

CARA 2
Klik kanan file tersebut lalu buka menggunakan browser (Chrome, Mozila, Opera, Dll). Contoh : saya mempunyai file "makalah.octet-stream". Lalu saya klik kanan file tersebut, lalu saya buka menggunakan chrome. Jika berhasil maka file tersebut akan terbuka.

Gak bisa juga gan!!!

Jika masih belum bisa, coba kamu ke kamar mandi lalu ambil wudhu. Lalu kamu sholat dulu habis itu lanjut baca artikel ini...wkwk...becanda gan.

Jika semua cara di atas masih juga belum bisa membuka file .octet-stream kamu. Bisa jadi file tersebut :
1. Di protect oleh si pembuat.
2. File corupt waktu mendownload
3. File merupakan jenis file lain sepert : .zip, .rar, .apk, .mov, dll.

Solusi terakhir dari saya yaitu kamu delete saja filenya lalu kamu cari file lain yang serupa yang dapat dibuka. haha.. masalah complete...kalem gan..canda doang..

Ok, mungkin itu saja tutorial singkat dari saya, jika kamu memiliki kendala lain, kamu bisa komentar di bawah ya. Thanks sudah mampir di blog saya....