Pembatasan Iklan Adsen adalah sebuah penangguhan sementara tayangan iklan di website kita. Penyebabnya yang paling umum adalah traffic tidak valid dan klik iklan secara sengaja atau tidak sengaja secara berulang. Dua hal merupakan penomena yang sudah saya alami. Meskipun web saya sudah terlepas dari pembatasan iklan, terkadang iklan juga sering tidak muncul. Entah sampai kapan hal ini menjadi normal kembali.


Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsen


Jadi disini saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman yang saya alami ketika iklan adsen saya terkena pembatasan iklan sampai iklan adsen muncul kembali.

Pada tanggal 2 agustus 2020, saya mencoba melakukan sebuah experiment dengan memviralkan permasalahan soal masalah jingling di sebuah group blogger facebook. Waktu itu saya membuat postingan di group tersebut untuk meminta seluruh anggota group tersebut melakukan jingling berjama'ah ke website saya yang kebetulan sudah ada iklan adsenya. Setelah 4 jam berlalu saya coba untuk mengecek jumlah pengunjung di statistik dahboard blogger saya. Bomm...... pengunjung sudah mencapai 500 ribu.

Ketika saya buka halaman website, saya lihat iklan masih tampil. Lalu sayapun lanjut untuk membuka dashboard adsen dan saya sangat shock melihat 200 klik dengan total pendapatan di hari itu sebesar Rp 232.000. Perasaan senang bercampur takut pun mulai muncul. Selang 1 jam berlalu akhirnya saya mendapatkan email seperti berikut :

Pembatasan Iklan Adsense


Setelah saya baca dan saya pahami, ternya emang benar bahwa iklan adsen saya terkena invalid traffik dan invalid klik.

Perlu kamu ketahui bahwa Traffic tidak valid mencakup beberapa hal, namun tidak terbatas pada:

  1. Klik atau tayangan yang dihasilkan oleh penayang yang mengklik sendiri atau iklan aktif di website kita.
  2. Tayangan atau klik iklan berulang dari satu pengguna atau lebih.
  3. Penayang yang menganjurkan agar mengeklik iklan mereka (contohnya dapat mencakup: kata-kata apa pun yang mendorong pengguna untuk mengeklik iklan, penerapan iklan yang dapat meningkatkan volume klik tidak sengaja, dll.).
  4. Alat penghasil klik atau sumber traffic otomatis, robot, atau software lainnya yang menipu.

Setelah itu, saya coba untuk melepas seluruh kode iklan adsen di website saya sembari menunggu notif yang buat mata risih di dashboard adsense hilang... hehe. Selain itu saya juga mengirimkan permasalahan yang saya alami ke pihak adsen. Kamu juga bisa melaporkan jika adsen kamu terkena invalid traffik DISINI.

Pada tanggal 16 agustus 2020. Saya mencoba membuka dashboar iklan adsen kembali dan bomm... Notif merah tersebut sudah hilang. Hehehe.


Setelah saya cek lagi kapan notif tersebut mulai hilang, ternyata notif tersebut sudah hilang sejak tanggal 5 agustus 2020 yang lalu. Tepat 3 hari setelah saya cabut seluruh kode iklan adsen.

Jika kamu memiliki pengalaman seperti yang saya alami, silahkan ikuti cara saya di atas. Jika ada kendala lain, silahkan tanya di kolom komentar di bawah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Baca Artikel Lainnya