Cara Melacak Sebuah Ip Atau Domain Secara Akurat Menggunakan Rest Api IP/Domain Gratis

Kembali lagi setelah menyelesaikan tugas skripsi kampus (alhamdulilah sudah sidang..wkwk), akhirnya saya bisa menulis lagi sembari menunggu wisuda. Baiklah, kali ini saya akan membagikan sebuah rest api ip/domain yang saya desain menggunakan NODE JS.

Cara Melacak Sebuah Ip Atau Domain

Rest API IP/DOMAIN ini berfungsi untuk melacak sebuah ip, bukan hanya ip tetapi kita juga bisa melacak sebuah domain menggunakan rest api ini. Sebagai contoh, coba kamu kunjungi beberapa link berikut ini :

IPv4 = https://ip.maskoding.com/?ip=8.8.8.8

IPv6 = https://ip.maskoding.com/?ip=2400:cb00:2048:1::c629:d7a2

DOMAIN = https://ip.maskoding.com/?ip=google.com

Bagaimana hasilnya ? mantul kan ? wkwkk..

Kamu cukup menambahkan ip atau domain (warna pink) setelah link rest api yang saya beri (warna hijau) berikut :

https://ip.maskoding.com/?ip=IP/DOMAIN

Hasil output berbentuk data JSON yang bisa kamu olah di semua jenis bahasa pemrograman.

Kamu bisa menggunakan rest api ini secara gratis unlimited request. nah mantap kan ?. Kurang apa lagi coba ?. Kalau kamu cek di website-website lain pasti kamu diharuskan membayar untuk menggunakan layanan rest api ip mereka.

Sebenarnya rest api yang desain ini sebelumnya saya gunakan untuk pribadi sendiri, karena kita ketahui bersama kalau nyewa database itu tidak murah wkwkk. ya sudahlah gpp.

Jika kamu ingin menggunakan secara massal atau permintaan tinggi, silahkan komentar di kolom komentar nama domain atau ip server kamu. Karena jika saya menemukan permintaan tinggi dalam sehari secara tidak wajar, maka saya dengan terpaksa harus memblokir server kamu.