Jadi, Anda ingin belajar pemrograman tetapi Anda tidak yakin bahasa pemrograman apa yang harus dipelajari, Ini adalah posisi yang dimiliki oleh setiap programmer di beberapa titik.

Selama beberapa tahun terakhir, JavaScript telah dikenal sebagai bahasa pemrograman yang sangat populer, terutama untuk pemula.

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, Mengapa saya harus belajar JavaScript dan bukan bahasa pemrograman lain? Itulah pertanyaan yang akan saya jawab dalam posting blog hari ini.

Pada artikel ini saya akan menunjukkan kepada Anda, lima alasan teratas mengapa Anda harus belajar JavaScript , untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat tentang bahasa pemrograman mana yang harus Anda habiskan untuk belajar.

1. PENGEMBANG JAVASCRIPT SANGAT DIBUTUHKAN DAN DIGAJI DENGAN HARGA MAHAL

Silahkan kamu cek di situs pencari pekerjaan di dunia indeed.com , dan Masukkan istilah pencarian "JavaScript", Anda akan menemukan lebih dari 46.000 pekerjaan yang membutuhkan keterampilan ini di Amerika Serikat

46.000 pekerjaan yang membutuhkan keterampilan javascript

Jalankan pencarian yang sama di situs LinkedIn.com dan hasilnya melebihi 74.000. Tidak hanya pengembang JavaScript yang dibutuhkan, mereka juga dibayar dengan gaji yang cukup lumayan. Di Amerika Serikat, pengembang JavaScript mendapatkan gaji tahunan rata-rata $ 100.000 .

LinkedIn.com pekerjaan yang membutuhkan keterampilan javascript

Seperti yang Anda lihat di sini, pengembang JavaScript memiliki permintaan dan bayaran yang tinggi, dan itulah alasan pertama mengapa Anda harus belajar javascript.

2. JAVASCRIPT RAMAH UNTUK PEMULA

Dibandingkan dengan banyak bahasa pemrograman lain seperti JAVA, PYTHON, atau PHP, JavaScript menawarkan salah satu titik masuk yang lebih ramah bagi pemula ke dalam dunia pemrograman.

JAVASCRIPT RAMAH UNTUK PEMULA

Hal yang hebat tentang JavaScript adalah ia sudah terpasang di setiap browser web modern, dan Anda tidak perlu menyiapkan lingkungan pengembangan apa pun, yang berarti Anda dapat langsung mulai membuat kode dengan JavaScript!

3. JAVASCRIPT MEMILIKI KOMUNITAS YANG BESAR

Sebagai bahasa pemrograman paling populer di dunia, Javascript memiliki komunitas programmer yang sangat besar.

Ini mungkin tampak tidak terlalu penting bagi Anda pada awalnya, tetapi saat Anda mulai belajar dan membutuhkan dukungan dan bantuan, pengaruh komunitas sangat dibutuhkan.

Pengaruh Komunitas Javascript Sangat Besar

Apa artinya ini bagi Anda?

Memiliki akses ke komunitas programmer besar memudahkan untuk menemukan orang-orang yang berpikiran sama yang dapat mendukung Anda selama perjalanan belajar Anda.

Anda tidak tahu cara memperbaiki bug?

Anda dapat memperbaikinya dengan meminta bantuan di komunitas.

Bantuan Komunitas Javascript

Apakah Anda memerlukan bantuan untuk memahami sebuah konsep?

Anda bisa bertanya kepada programmer lain.

Pertanyaan Komunitas Javascript

StackOverflow , Dev.to , dan GitHub hanyalah beberapa dari banyak komunitas dengan pengembang JavaScript khusus.

4. BERBAGAI PENGGUNAAN

Dengan hanya Mengetahui Javascript, Anda dapat membangun seluruh aplikasi web dari backend hingga frontend.

Javacsript backend hingga frontend

Ada banyak kerangka kerja Javascript, yang memungkinkan bisa kita gunakan untuk membangun aplikasi front-end, seperti, React.js , Angular , Vue.js , dan banyak lagi.

Untuk back-end, Anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman lain, cukup menggunakan kerangka kerja Node.js dan belajar sedikit tentang basis data dan API.

Tidak hanya itu, Javascript juga memiliki solusi untuk aplikasi mobile.

Untuk membuat aplikasi seluler, Anda dapat menggunakan kerangka kerja seperti React Native atau Flutter, atau ionic.

Dalam hal ini, tidak masalah jika Anda ingin membuat aplikasi web atau aplikasi seluler, atau bahkan aplikasi desktop, Anda dapat menggunakan Javascript untuk membangun semua ini.

5. BANYAK SUMBER UNTUK DIPELAJARI

Di internet, ada banyak sekali sumber daya untuk mempelajari JavaScript.

Ini adalah faktor yang sangat penting dalam bahasa pemrograman yang Anda pilih untuk dipelajari.

Di dunia digital, Anda bahkan tidak perlu pergi ke sekolah untuk belajar; yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet untuk mulai belajar.

Dalam kasus Javascript, Anda dapat menemukan banyak tutorial video, buku , bootcamp, kursus online gratis di platform seperti:

freecodecamp.org

Skillshare.com

Coursera.org

Youtube.com Dan lainnya…

Hanya dengan semangat, fokus, dan konsistensi Anda dapat melakukannya dan menjadi pengembang javascript dalam beberapa bulan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Baca Artikel Lainnya